Rabu, 31 Oktober 2012

Canon EOS 7D


Canon EOS 7D, Kameranya Para Fotografer ProfesionalDunia fotografi memang tidak akan pernah mati, dengan begitu para produsen kamera saling berlomba untuk menggaet konsumennya, mulai dari kalangan pemula hingga profesional. Seperti yang ditawarkan oleh Canon kali ini.

Canon EOS 7D, jika ditinjau dari serinya saja mungkin Anda bisa mengetahui bahwa kamera DSLR ini ditujukan untuk kalangan fotografer semi-pro hingga profesional. Meski harga yang ditawarkan cukup tinggi sekitar 19 jutaan rupiah (sudah termasuk lensa kit standard), namun sebanding dengan performa yang disuguhkan.

Kamera DSLR keluaran terbaru Canon ini dilengkapi dengan prosesor Dual DIGIC 4, sensor beresolusi 18MP dan didukung dengan sensor APS-C CMOS. Selain itu, masih banyak lagi fitur menarik yang ditawarkan pada Canon EOS 7D.

Di kelasnya, Canon EOS 7D diklaim akan menjadi pesaing tangguh. Pasalnya, spesifikasi yang dihadirkan Canon terbilang cukup mengejutkan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari Canon EOS 7D, mari kita telusuri satu-persatu.

Canon EOS 7D mengusung layar LCD 3 inci yang terlihat sangat jernih. Saat digunakan, layar mampu menyuguhkan tampilan dengan cukup baik dan jernih baik dari sisi kiri maupun kanan. Digunakan di bawah sorotan sinar matahari pun, layar Canon EOS 7D masih bisa terlihat denga sangat jelas.

Tombol-tombol pada bagian belakang bodi juga terbilang cukup pas dan dapat berjalan dengan baik. Selain itu, seperti pada kebanyakan kamera DSLR lainnya, Canon EOS 7D juga memberikan grip berukuran besar pada bagian kiri yang terbuat dari bahan karet. Dengan begitu, Canon EOS 7D akan terasa lebih kokoh saat berada digenggaman.

Penggunaan dan kontrol tombol pada Canon EOS 7D memang tergolong lebih sulit ketimbang kamera keluaran rival. Namun hal ini tidak begitu menyulitkan, pasalnya Anda hanya membutuhkan waktu berlatih lebih lama sedikit agar terbiasa.

Bodi terbuat dari bahan magnesium-alloy yang biasa digunakan untuk membuat velg mobil, jadi Anda tidak perlu ragu dengan daya tahan bodi Canon EOS 7D. Sedangkan ditinjau dari performa dan hasil jepret yang disajikan, Canon EOS 7D dapat dijadikan andalan untuk mengabadikan momen-momen berharga dalam hidup Anda.

Meski Canon EOS 7D disebut sebagai kamera Digital SLR, kamera ini juga bisa setting dan dioperasikan secara manual. Namun bagi Anda yang belum terbiasa dengan kamera manual, ada baiknya Anda tetap menggunakan modus otomatis yang ditawarkan.

Sebagai kamera high-end, Canon EOS 7D sudah dilengkapi dengan 9 pengaturan kostumisasi manual, seperti sharpness, contrast, saturation, colour tone, dan seterusnya. Hasil jepret, Anda bisa menyimpannya dalam format JPEG ataupun RAW. Untuk resolusi, kamera ini juga menyediakan tiga pilihan mulai dari 4,5MP, 8MP hingga 17,9MP. Jadi Anda tidak perlu bingung, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Selain itu, Canon EOS 7D juga sudah menggandeng fitur perekam video HD dengan resolusi 1080p dan kecepatan frame antara 24, 25 atau 30fps. Sebagai kamera kelas atas, fitur perekam video HD sudah dilengkapi dengan pengaturan otomatis dan manual exposure.

Secara keseluruhan, kemampuan Canon EOS 7D cukup mengangumkan. Hasil foto yang ditampilkan dari lensa kit standard saja sudah terlihat bagus dan tajam, apalagi kalau Anda menggunakan lensa eksternal lain yang lebih bagus. Canon menjamin Anda tidak akan kehilangan momen penting, pasalnya Canon EOS 7D diklaim memiliki hasil jepret yang super cepat, sehingga Anda tidak perlu takut lagi dengan hasil jepret nge-blur. Selebihnya, Anda bisa menjajal sendiri kemampuan Canon EOS 7D yang menjanjikan hasil jepret mengangumkan ini.

Spesifikasi
Sensor: 18MP
Lensa: Canon EF/EF-S, 19 point autofocus
Layar: LCD 3 inci
Sensitivitas: Auto ISO (100-3200)
Resolusi: Foto 5184 x 3456 pixel, Video 1920 x 1080 pixel
Konektifitas: USB, Video output (PAL/NTSC), HDMI, N3, PC Sync Flash, Mini Jack Stereo, WFT-E5
File Format: JPEG, RAW, M-RAW, S-RAW, RAW+JPEG, M-RAW+JPEG
Baterai: Lithium-Ion LP-E6

(sukma)
Sumber: CBN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar